Orang yang mencari neraka

Setiap orang islam pasti menginginkan jika di akhirat nanti akan dimasukkan ke dalam surga. Tidak ada seorang pun yang ingin dimasukkan ke dalam neraka. Namun demikian, menurut Sayidina Ali Bin Abi Thalib Karramallahu wajhahu, ada orang yang hidup di dunia ini yang hakikatnya sedang membuat jalan  untuk dirinya sendiri menuju ke neraka. Siapa dia yang berani membuat jalan  untuk dirinya sendiri menuju ke neraka?
Dalam kitab nashaih al ‘Ibad karya syaikh Muhammad Nawawi al Bantani dikutip sebuah maqalah (perkataan) dari Sayidina Ali Bin Abi Thalib Karramallah wajhahu: siapa yang dalam keadaan mencari ilmu, maka ia pada hakikatnya sedang mencari surga. Dan siapa yang dalam keadaan bermaksiat kepada Alla SWT, maka pada hakikatnya ia sedang mencari neraka.  

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan leh Imam al Bukhari disebtkan bahwa Rasulullah SAW berabda; siapa yang sedang berjalan dala rangka menuntut ilmu, maka Alla akan memdahkannya jalan menuju surga. (HR. Imam Bukhari). Begitu mulianya orang yang menuntut ilmu. Mari kita sama-sama perbanyak mengaji dari pada bercanda…

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH: PENERAPAN PRINSIP AL MUSAWAH DALAM KEGIATAN PRODUKSI DAN DISTRIBUSI YANG BERBENTUK KEMITRAAN (AL MUSYARAKAH)

Teks pidato bahasa Arab tentang tahun baru hijriyah

Makalah Pemikiran ekonomi islam Imam Al Ghazali